Full width home advertisement

Travelling

Sajak Sunda

Post Page Advertisement [Top]




Sejarah Palang Merah Remaja Dunia
    Lahirnya Palang Merah Remaja di dunia berawal dari Perang Dunia I (1914-1918), yang tercatat sebagai salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah. Saat itu, Austria yang tengah berperang melawan Perancis mengalami kekurangan tenaga Palang Merah. Alhasil, pemerintah Austria terpaksa mengerahkan anak sekolah untuk membantu negaranya. Mereka tidak diterjunkan ke medan perang, tetapi membantu mengumpulkan pakaian bekas dan koran-koran bekas. Anak-anak tersebut dihimpun dalam suatu organisasi bernama Palang Merah Pemuda, yang merupakan cikal bakal Palang Merah Remaja.
    Pada 1919, dalam sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional, diputuskan bahwa Palang Merah Remaja menjadi bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Setelah itu, PMR didirikan oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Lalu, pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja.

Sejarah Palang Merah Remaja Indonesia
    Di Indonesia pada Kongres PMI ke-IV tepatnya bulan Januari 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia. Ditetapkanlah setiap tanggal 1 Maret sebagai hari Palang Merah Remaja Indonesia.

diambil dari kompas.com  dan sman1kapetakan.sch.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib